1.
Jelaskan
secara singkat mengenai ilmu sosial dasar!
Jawab :
Ilmu sosial dasar (ISD) adalah
suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari, mengamati, serta menelaah masalah –
masalah sosial yang timbul dan berkembang di suatu wilayah, dengan menggunakan
pengertian-pengertian seperti konsep, fakta dan teori yang berasal dari
berbagai bidang pengetahuan dalam dunia ilmu sosial seperti politik, sejarah,
ekonomi dan psikologi sosial. Ilmu sosial dasar memiliki tujuan, salah satunya
adalah untuk membantu perkembangan wawasan mahasiswa
dalam berfikir, agar peka terhadap kehidupan sosial
2.
Sebutkanlah 3 Kelompok Ilmu Pengetahuan!
Jawab :
Ilmu
pengetahuan dibagi menjadi tiga, yaitu:
Ilmu pengetahuan alam
Ilmu pengetahuan sosial
Ilmu pengetahuan budaya / Ilmu pengetahuan
humaniora
3.
Sebutkan
cabang-cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam!
Jawab :
·
Ilmu Biologi
·
Ilmu Fisika
·
Ilmu Kimia
4.
Jelaskan
pengertian Ilmu Biologi!
Jawab :
Ilmu Biologi, adalah ilmu yang
mempelajari tentang nilai kehidupan mahkluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan
5.
Jelaskan
pengertian Ilmu Kimia!
Jawab :
Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari
jenis-jenis dari alam seperti bahan-bahan yang biasa gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
kimia juga mempelajari hasil dari alam seperi emas, minyak bumi, garam, asam,
batu bara,dan lain-lain
6.
Jelaskan
pengertian Ilmu Fisika!
Jawab :
Ilmu
Fisika adalah ilmu yang memepelajari suatu skala
perbandingan yang mempunyai banyak cara dan juga langkah-langkah metode dalam
perhitungannya
7.
Apakah
yang dimaksud dengan Ilmu sosial Dasar?
Jawab :
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu
yang mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai mengenai interaksi sosial
atau nilai kehidupan dalam melakukan suatu kegiatan
8.
Sebutkan
cabang-cabang dari Ilmu Sosial Dasar!
Jawab :
·
Sejarah
·
Geografi.
·
Ekonomi
9.
Perbedaan
Antara Ilmu Sosial Dasar (ISD) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)?
Jawab :
Ilmu Sosial Dasar (ISD)
merupakan ilmu-ilmu yang mempelajari tentang ilmu pengetahuan sosial dasar dan
lebih cenderung kepada kemasyarakatan. Berbeda dengan Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) yang mempelajari tentang cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah
mata pelajaran poloitik,sosiologi, hukum, dsb
10. Apa
sajakah Faktor-faktor demografi yang
mempengaruhi pertambahan penduduk?
Jawab :
·
Kelahiran (Fertilitas)
·
Kematian
(Mortalitas)
11. Sebutkan faktor tingkat kematian!
Jawab :
·
Umur
·
jenis
kelamin
·
pekerjaan
12. Sebutkan macam-macam migrasi!
Jawab :
·
Emigrasi
·
Imigrasi
·
Urbanisasi
·
Remigrasi
·
Transmigrasi
13.
Sebutkan
pengertian Rasio Ketergantungan
Jawab :
Rasio Ketergantungan (Dependency Ratio) adalah perbandingan antara jumlah penduduk berumur 0-14 tahun, ditambah dengan jumlah penduduk 65 tahun keatas dibandingkan dengan jumlah penduduk usia 15-64 tahun.
Rasio Ketergantungan (Dependency Ratio) adalah perbandingan antara jumlah penduduk berumur 0-14 tahun, ditambah dengan jumlah penduduk 65 tahun keatas dibandingkan dengan jumlah penduduk usia 15-64 tahun.
14. Jelaskan Pengertian
individu!
Jawab :
Individu
merupakan suatu keadaan dimana seseorang harus melakukan kegiatan itu sendiri
atau per orangan tanpa orang lain.
15. Jelaskan secara singkat mengenai individu!
Jawab :
Individu berasal dari kata latin, “individuum” yang artinya tak terbagi. Kata individu merupakan
sebutan yang dapat untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan
terbatas. Dr. A. Lysen mengungkapkan
bahwa kata individu bukan berarti manusia sebagai keseluruhan yang tak dapat
dibagi melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia
perseorangan
16. Jelaskan pengertian pertumbuhan!
Jawab :
Pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan kuantitatif
pada materil sesuatu sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan
17. Sebutkan faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan!
Jawab :
·
kelahiran (fertilitas)
·
Kematian (mortalitas)
·
Perpindahan (migrasi)
·
Karena
gagalnya pemerintah dalam menkampanyekan KB (keluarga berencana)
18. Jelaskan Pengertian fungsi keluarga!
Jawab :
Fungsi
keluarga adalah suatu pekerjaan- pekerjaan atau tugas-tugas yang harus
dilaksanakan di dalam atau oleh seluruh anggota keluarga tersebut
19. Sebutkan salah satu macam fungsi
keluarga!
Jawab :
Fungsi
Perlindungan. Tugas keluarga dalam hal ini adalah melindungi anak dari
tindakan-tindakan yang tidak baik sehingga anggota keluarga merasa terlindung
dan merasa aman
20. Jelaskan pengertian Pemuda !
Jawab :
Pemuda
adalah suatu kumpulan khalayak atau generasi yang sedang memiliki tugas serta bermacam-macam harapan
dari generasi sebelumnya.
21. Pengertian Sosialisasi
Jawab :
Sosialisasi
adalah proses individu dengan tujuan sebagai media pembelajaran dan penyesuaian
diri, bagaimana bertindak dan berpikir agar ia dapat berperan dan berfungsi
dalam suatu keadaan, tempat dan kondisi yang tepat
22. Sebutkan Proses
Sosialisasi!
Jawab :
A.
Conditioning.
B. Komunikasi atau interaksi.
B. Komunikasi atau interaksi.
C.
Proses Inkulturasi.
23. Jelaskan secara singkat mengenai
proses sosialisasi!
Jawab :
Pengertian
proses dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pembudayaan yaitu seorang
individu yang mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran serta sikapnya dengan
adat istiadat, sistem nora dan peraturan-peraturan yang hidup dalam
kebudayaanya.
24. Jelaskan secara singkat mengenai Pola
Dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
Jawab :
Pola
Dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda ditetapkan oleh Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan dalam keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor: 0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978. Maksud dari Pola Pembinaan dan
Pengembangan Generasi Muda adalah agar semua pihak yang turut serta dan
berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakan sebagai pedoman
sehingga pelaksanaannya dapat terarah, menyeluruh dan terpadu serta dapat
mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud
25. Sebutkan landasan ideologi Pola
Dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda disusun!
Jawab :
1.
Landasan idiil : Pancasila.
2. Landasan konstitusional : Undang-Undang Dasar 1945.
3. Landasan strategis : Garis-Garis Besar Haluan Negara.
4. Landasan historis : Sumpah Pemuda Tahun 1928 dan.
Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
5. Landasan normatif : Etika, tata nilai, dan tradisi luhur yang hidup dalam masyarakat
2. Landasan konstitusional : Undang-Undang Dasar 1945.
3. Landasan strategis : Garis-Garis Besar Haluan Negara.
4. Landasan historis : Sumpah Pemuda Tahun 1928 dan.
Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
5. Landasan normatif : Etika, tata nilai, dan tradisi luhur yang hidup dalam masyarakat
26. Jelaskan pengertian Generasi Muda
sebagai Subyek!
Jawab :
Generasi
Muda subyek adalah mereka yang telah dibekali ilmu dan kemampuan serta landasan
untuk dapat mandiri dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa,
dalam rangka kehidupan berbangsa bernegara serta pembangunan nasional.
27. Jelaskan pengertian Generasi Muda
sebagai Obyek!
Jawab :
Generasi
Muda Obyek adalah mereka yang masih memerlukan bimbingan yang mengarah kan
kepada pertumbuhan potensi menuju ke tingkat yang maksimal dan belum dapat
mandiri secara fungsional di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta
pembangunan nasional.
28.
Coba
sebutkan masalah-masalah generasi muda!
Jawab :
Menurunnya
jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme dikalangan masyarakat, termasuk jiwa
pemuda.
B.. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
C. Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik formal dan informal. Tinggimya jumlah putus sekolah yang tidak hanya merugikan generasi muda sendiri, tetapi juga merugikan bangsa.
D. Kekurangan lapangan dan kesempatan kerja serta tingginya tingkat pengangguran dan setengah pengangguran dikalangan generasi muda mengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosial lainnya.
E. Kurangnya gizi yang menghambat perkembangan kecerdasan, dan pertumbuhan.
B.. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
C. Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik formal dan informal. Tinggimya jumlah putus sekolah yang tidak hanya merugikan generasi muda sendiri, tetapi juga merugikan bangsa.
D. Kekurangan lapangan dan kesempatan kerja serta tingginya tingkat pengangguran dan setengah pengangguran dikalangan generasi muda mengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosial lainnya.
E. Kurangnya gizi yang menghambat perkembangan kecerdasan, dan pertumbuhan.
29. Jelaskan secara singkat dan jelas
mengenai Internalisasi Belajar dan
Sosialisasi!
Jawab :
Ketiga kata atau istilah internalisasi,
belajar, dan sosialisasi pada dasarnya memiliki pengertian yang hampir sama.
Proses berlangsungnya sama yaitu melalui interaksi sosial. Istilah
internalisasi lebih ditekankan pada norma-norma individu yang menginternaslisasikan
norma-norma tersebut, atau proses norma-norma kemasyarakatan yang tidak
berhenti sampai institusional saja, akan tetapi norma tersebut mendarah daging
dalam jiwa anggota masyarakat
30. Sebutkan
tujuan pokok sosialisasi!
Jawab :
1. Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
2. Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya.
3. Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
4. Bertingkah laku selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan masyarakat umumnya.
1. Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
2. Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya.
3. Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
4. Bertingkah laku selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan masyarakat umumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar