A.
Telematika & Pemanfaatannya
Kata telematika berasal dari istilah
dalam bahasa Perancis telematique
berasal dari istilah dalam bahasa Perancis “”Telematique”
yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Di dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Telematika. Istilah telematika merujuk
pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari
perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika.
Istilah telematika dari segi hukum
adalah perkembangan sistem elektronik berbasis digital antara teknologi
informasi dan media yang awalnya masing – masing berkembang secara terpisah.
Para praktisi menyatakan bahwa telematics
adalah singkatan dari “telecommunications
and informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and
Communication.
Istilah Telematics juga dikenal sebagai
“the new hybrid technology” yang
lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu
perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu
atau populer dengan istilah “konvergensi”. Semula Media masih belum menjadi
bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada
saat itu.
Belakangan baru disadari bahwa
penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghadirkan
Media Komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah telematika kemudian merujuk pada
perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media dan informatika
yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi telematika
kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau
{the Net}. Dalam perkembangannya istilah Media dalam telematika berkembang
menjadi wacana multimedia. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena
istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk
mengolah informasi dalam berbagai medium.
Adalah suatu ambiguitas jika istilah telematika
dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara
garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), telematika, multimedia, maupun Information as well as Communication
Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai
definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.
Ada berbagai
macam bentuk dari telematika yang telah berkembang di banyak bidang. Hal ini
dapat menyebabkan terjadinya “tumpang tindih” karena berbagai kegiatan kerja
dapat menggunakan telematika untuk menunjang kinerja dari usaha yang dilakukan.
Berbagai macam bentuk tersebut adalah :
·
Integrasi antara sistem
telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan
Informatika atau ICT (Information and
Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang
berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan
peralatan telekomunikasi
·
Secara umum, istilah telematika
dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai
bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology)
·
Secara lebih spesifik, istilah
telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics). Ragam Bentuk Telematika
Ragam bentuk yang akan disajikan merupakan aplikasi yang sudah berkembang
diberbagai sector
·
E-goverment
dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di
Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu
Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI).
·
Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi
perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada
berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang,
mengirim dokumen, sampai membuat claim.
·
E-Learning
adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan
mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara
online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas, dapat dilakukan.
B. Cara
Memahami Perkembangan Telematika Dalam Teknologi Informasi
Perubahan telematika
sekarang ini sangat melesat, dikehidupan manusia. Kemampuan dalam berpikir dan
berinteraksi mempunyai suatu peradaban manusia. Untuk sekarang ini memang
sering di perbincangkan tentang Telematika, tetapi bagi di Negara kita
telematika masih jauh tertinggal oleh Negara-Negara lainnya. Cina, Jepang,
siangpure dan lain-lainya Negara tersebut sangat memahami tentang telematika.
Sementara itu di Indonesia sekarang ini, sedang mengembangkan prasarana
telematika-telematika yang menghubungkan prasarana informasi dan telekomunikasi
tersebut.
Telematika sekarang
ini, Merupakan suatu perwujudan telekomunikasi dan informatika yang semakin
nyata dan berperan dalam kehidupan kita. Hal tersebut dapat dapat dilihat dari
pergerakan-pergerakan kemampuan manusia dalam berinteraksi. Kemajuan telematika
itu juga, sudah berkembang di sistem komunikasi kabel laut setelah beberapa
tahun ini. Sistem ini menghubungkan pulau jawa dan Kalimantan. Dengan adanya
telematika sekarang ini, masyarakat telah menidentifikasi keberbagai sector
baik di pemerintah maupun disektor swasta yang menyangkut masyarakat umum.
Dari suatu perwujudan
Telekomunikasi dan informatika, merupakan suatu konsep dari kumputer dan
komunikasi. Dalam Perkembangannya istilah telematikan itu terdapat dalam
Multimedia Karena Multimedia ini saling berkesinabungan dengan sistem komputer
untuk mengolah suatu informasi. Memang secara Garis besar Telematika, Sistem
Informasi, Multimedia mempunyai suatu keterkaitan dan saling memenuhi satu sama
lain.
Keuntungan dari
Telematika itu sendiri, Dapat memecahkan masalah-masalah yang kita hadapi yang
berhubungannya dengan internet, photo yang diubah bentuknya, melihat kejelasan
video-video dan lain-lainnya. Ahli telematika ini, tentu saja yaitu
meningkatkan efisiensi kerja terutama dalam segi bisnis dan pemerintahan yang
terkait dalam segi bisnis.
Seiring dengan
populernya sekarang ini Telematika, seakan- akan telematika mempunyai dunia
baru dalam pekerjaan. Suatu khayalan tentang adanya teknologi telekomunikasi
dan informatika. Dapat digarisbawahi, bahwa Telematika itu suatu keberadaan
informasi dan komunikasi yang dalam konteksnya dapat di lakukan secara
elektronik tetapi telematika paling tepat digunakan karena lebih memperlihatkan
hakekat keberadaanya dan layak untuk digunakan sebagai definisi gunanya
melakukan pengkajian hukum dalam perkembangan telekomunikasi sekarang
ini.
Di Indonesia,
perkembangan telematika mengalami tiga periode. Periode Pertama adalah periode
rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan tahun 1980-an.
Periode kedua disebut Periode pengenalan, yang berlangsung sejak tahun 1990-an,
dan yang terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini dimulai tahun
2000. Telematika sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan
manusia, bahkan menjadi komoditas industri, bisnis informasi, media dan
telekomunikasi.
Perubahan (kemajuan) dalam teknologi telematika telah
mentransformasikan pola ekonomi, pola hidup dan cara melakukan bisnis secara
signifikan, Pemanfaatan internet dalam e-Business secara nyata dapat menekan
biaya transaksi bisnis dan memberikan kemudahan dalam melakukan diversifikasi
kebutuhan Pemanfaatan internet dalam e-Government juga telah terbukti dapat
meningkatkan kinerja pemerintah didalam penyediaan informasi dan
penyelenggaraan layanan kepemerintahan kepada masyarakat dan kalangan bisnis.
C. Trend
Perkembangan Telematika
Trend telematika di Indonesia pada umunya akan berkembang
dengan pesat dengan seiring berkembangnya teknologi informasi. Masyarakat saat
ini tidak harus bersusah payah untuk menghubungi kerabat, teman atau keluarga
mereka atau hanya sekedar mencari informasi. Mereka sudah bisa mendapatkan
informasi melalui fasilitas telepon, internet dan dapat melihatnya melalui
televisi. Trend tersebut akan berkembang lebih pesat lagi bila diiringi dengan
sumber daya yang mumpuni.
Pada prinsipnya
berbagai jenis usaha di dunia telematika dapat di pilah-pilah menjadi berbagai
usaha yang sifatnya modular tidak terlalu tergantung satu dengan lainnya.
Beberapa servis seperti NIC servis & CA/RA/PKI servis memang merupakan
servis pendukung yang sifatnya tidak terlalu profit-oriented, akan tetapi tidak
bisa di pisahkan dari usaha yang didukungnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar