Senin, 24 Maret 2014

TEORI ORGANISASI UMUM (SOFTSKILL)

        Beberapa Organisasi di lingkungan kampus & rumah Serta Pengalaman Organisasi

Assalamu’alaikum warohmatullah hiwabarokatuh, blogger walker!^^ Semoga kita semua selalu berada dalam rahmat-Nya. Aamiin ya robbal alamin.
Pada tugas Teori Organisasi Umum (Softskill) kali ini, saya akan sedikit bercerita pengalaman saya tentang organisasi. Sebelum saya bercerita lebih jauh, alangkah lebih baik jika kita mengerti apa itu Organisasi. Pengertian Organisasi secara umum merupakan suatu komunitas atau perkumpulan orang-orang yang memiliki suau tujuan yang sama dan memiliki keinginan untuk merealisasikan tujuan tersebut secara bersama-sama. Suatu organisasi didirikan dengan tujuan tertentu. Ada organisasi yang didirikan dengan alasan kemanusiaan, ada juga organisasi politik. Selain memiliki tujuan yang sama, biasanya orang-orang yg mendirikan suatu organisasi memiiliki kesamaann cara berfikir.
Saya adalah salah satu dari sekian banyak mahasiswi di Universitas Gunadarma. Setelah dua tahun di Universitas Gunadarma, saya banyak menemukan organisasi, diantaranya ; HIMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi), BEM, dan masih banyak lagi. Terjun ke dunia organisasi memang banyak dampak positifnya, apalagi ketika kita mencoba terjun ke dunia organisasi, kita-secara otomatis-berada dalam lingkup orang-orang yang menuntut kita untuk dapat dengan mudah beradaptasi dengan kawan lainnya. Tujuannya, karena dalam organisasi dibutuhkan kebersamaan (solidaritas) yang tinggi, agar-tujuan yang telah disepakati dapat dengan mudah terwujud & tercapai.
Dalam mengikuti suatu organisasi, seharusnya kita dapat mengatur schedjule (jadwal) yang kita miliki. Karena seringkali  saya berpengalaman mendapatkan teman yang mengikuti suatu organisasi di kampus, tapi jika dilihat, akademik mereka kurang baik. Awalnya mereka berkilah bahwa mengikuti organisasi adalah untuk mendapatkan banyak pengalaman, teman, dan dapat sharing bersama mengenai pelajaran di kampus. Tapi nyatanya, pada akhirnya-mereka yang tidak dapat memanage-waktu-itu-lah yang malah membuat image organisasi tersebut menjadi buruk di mata orang lain.
Saat ini, di lingkungan tempat saya tinggal juga memiliki beberapa organisasi, ada salah satu organisasi masyarakat yang disebut dengan PKK, biasanya yang menjadi anggotanya adalah ibu-ibu sekitar lingkungan rumah saya. Ada juga organisasi pengajian, yang juga saya ikuti, di dalamnya terdapat sekelompok ibu-ibu yang juga anggota organisasi kemanusiaan.
Setiap organisasi, memiliki anggota. Dan dari sekian banyak anggota pasti memiliki perbedaan karakteristik dan prinsip. Walaupun sudah terbilang dewasa di usia 20tahun, saya masih sering melihat beberapa orang dalam organisasi yang kemudian bertengkar  dikarenakan perbedaab-perbedaannya. Inilah salah satu problem yang harusya di selesaikan bersama dalam sebuah organisasi, karena bagaimana pun, sebuah organisasi harus memiliki solidaritas yang tinggi.
Alhamdulillah saat ini saya merupakan wanita yang mengenakan jilbab syar’i. Dan Alhamdulillah, saya menemukan suatu komunitas yang membuat saya excited dan akhirnya saya memutuskan untuk masuk ke dalam organisasi tersebut. Organisasi ini disebut dengan nama Komunitas Jilbab Syar’i. Di dalamnya, saya biasa saling sharing atau berbagi sega sesuatu yang bernilai positif di dalamnya. Disana, saya biasa berbagi dan saling mengingatkan mengenai tata cara mengenakan jilbab syar’i. Dan seperti yang kita bahas sebelumnya, setiap organisasi memiliki suatu pemikiran yang sama dan memiliki tujuan yang sama pula. Begitu juga dengan organisasi yang saya ikuti saat ini.
Dari pengalaman tersebut saya berpendapat, alangkah baiknya jika kita ingin mengikuti suatu oraganisasi, kita sudah memikirkan segalanya. Maksudnya, kita telah berfikir mengenai cara kita mengatur waktu, cara kita bersikap. Agar tujuan kita masuk ke Organisasi tersebut dapat tercapai, dan image organisasi tersebut tidak rusak dan tidak buruk karena kehadiran kita yang kurang dipikirkan secara matang sebelumnya.
Sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat!^^
Wassalamu’alaikum warohmatullah..


                                                                                                                        Ella Livia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar